Beberapa Sumber Penghasilan Blog Yang Bisa Kita Coba

Beberapa Sumber Penghasilan Blog Yang Bisa Kita Coba

Cara Mudah Mendapatkan Uang Dari Blog Kita judul ini tak semudah prakteknya tapi kerja keraslah yang menentukan 786



Androidolar- Ada Beberapa Cara monetisasi atau memnghasilkan uang dari blog yang sering digunakan para blogger untuk menghasilkan uang dari blognya.

Pasang Iklan

Yang pertama adalah yang paling populer di antara yang paling populer, yaitu dengan memasang iklan di blog.
Untuk memonetisasi blog dengan iklan ada dua jalan yang bisa sobat pilih.
Pertama adalah dengan mendaftar ke program Advertising Networks atau jaringan periklanan.
Kedua adalah dengan menawarkan secara langsung kepada calon pemasang iklan untuk beriklan di blog sobat atau biasa disebut sebagai Direct Advertising.

Advertising Networks

Advertising Networks atau jaringan periklanan adalah sebuah program layanan yang mengubungkan antara pemasang iklan dengan para pemilik website atau blog.

jika ingin menghasilkan uang dari program seperti ini, sobat hanya perlu mendaftar ke program jaringan periklanan tersebut, setelah itu nanti akan diberikan sebuah kode iklan yang perlu dipasang di blog.

Penghasilan yang didapatkan biasanya dihitung setiap kali ada orang yang ngeklik iklan di blog sobat atau biasa disebut PPC (Pay Per Click).
Salah satu program Advertising Networks yang paling populer di Indonesia adalah AdSense Google.

Direct Advertising 

Direct Advertising adalah metode dimana sobat menawarkan secara langsung kepada calon pemasang iklan untuk beriklan di blog anda.

Kelebihan metode ini adalah penghasilan blog sobat bisa jauh lebih tinggi karena iklan yang terpasang di blog tidak melalui perantara pihak ketiga.

Harga pemasangan iklan sendiri bervariasi, umumnya menyesuaikan dengan jumlah dan kualitas dari pengujung blog.

Meskipun sobat bisa mendapatkan hasil yang lebih tinggi, tapi cara ini bisa dibilang tidaklah mudah. Alasannya karena sobat harus bisa mencari calon pemasang iklan yang bersedia untuk beriklan di blog Anda.

Paid Review

Paid review atau paid posts adalah metode monetisasi dimana kita mendapatkan penghasilan dengan mereview produk atau jasa milik orang melalui postingan di blog kita.

Pada dasarnya Tidak ada bedanya dengan Direct Advertising, hanya bedanya jika Direct Advertising iklannya berupa sebuah banner iklan, sedangkan paid review iklannya dalam bentuk postingan review.

Jualan produk

Menjual produk atau produk kita sendiri merupakan salah satu metode monetiasi blog terbaik yang bisa dilakukan. Alasannya karena dengan menjual produk sendiri sobat bisa mendapatkan penghasilan berkali-kali lipat lebih besar ketimbang menggunakan metode monetisasi yang lain.

Jika menggunakan metode ini bisa dibilang sobat tidak menghasilkan uang dari blog secara langsung, karena penghasilan yang  didapatkan adalah dari hasil berjualan. Sedangkan fungsi dari blog yang dikelola nantinya hanya sebagai tempat untuk mempromosikan produk yang sobat jual.

Produk untuk di jual melalui blog ada dua jenis.
Yaitu produk fisik dan produk digital.
Untuk produk fisik hampir apa saja bisa dijual lewat blog.
Tapi tentunya produk yang dijual harus sesuai dengan topik blog kita.
  • Misalnya blog  membahas tentang Handycraft, maka anda bisa menjual Kerajinan Tangan.
  • Misalnya blog  membahas tentang Makanan , anda bisa menjual Produk makanan.
  • Misalnya blog  membahas tentang gadget, sobat bisa berjualan gadget.

Untuk produk digital yang bisa dijual lewat blog biasanya produk seperti:
  • Ebook (Buku Elektronik)
  • Aplikasi
  • Video
  • Audio
  • Software
  • Theme Website
  • Plugin
  • Desain gambar
  • dll.
Jualan produk sendiri lewat blog tentu saja bukan hal yang mudah. Pertama  harus mempunyai produk untuk dijual dan harus bisa mencari pengunjung blog yang tertarget supaya membeli produk yang anda jual.

Jualan jasa

Selain produk juga bisa menjual jasa melalui blog. Metode monetisasi ini sangat cocok bagi yang mempunyai keahlian yang bisa disalurkan lewat Internet.

Contoh:
  • Anda ahli  desain, anda bisa menyediakan jasa desain
  • Jika  bisa menulis, anda bisa menyediakan jasa menulis artikel
  • Jika  mahir bikin website, anda  bisa menyediakan jasa pembuatan website
  • dll.

Mempromosikan program afiliasi

Bagi  yang belum punya produk sendiri untuk dijual atau belum punya keahlian yang bisa dijadikan jasa, mengikuti program afiliasi adalah alternatif lain yang bisa dipilih.

Afiliasi adalah sebuah program dimana kita membantu mempromosikan produk atau jasa milik orang lain dan kita akan mendapatkan komisi jika kita berhasil menjual produk tersebut.

Untuk mengikuti program afiliasi seperti ini sobat bisa mencari penyedia produk atau jasa yang menyediakan program afiliasi atau bisa juga melalui affiliate network.

Contohnya lazada, amazon, blibli dll

Program membership

Program membership adalah salah satu metode monetisasi yang saya pribadi belum pernah mencobanya.

Tapi metode monetisasi ini sudah terbukti bisa memberikan penghasilan yang lumayan karena banyak blogger Indonesia maupun luar Negeri yang sudah membuktikannya.

Program membership pada dasarnnya adalah sebuah program dimana sobat menyediakan konten premium di blog  dan konten premium tersebut hanya bisa dikases oleh pengujung yang sudah menjadi member dengan membayar sejumlah uang.

Jualan blog

Dengan menjual blog. Jadi Anda Bisa mendapatkan penghasilan dengan membuat blog terus menjual blog tersebut kepada orang lain.